lazada indonesia

Monday 27 May 2013

Tentang Domain

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Mungkin semua orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya domain, tapi tidak ada salahnya saya sedikit share tentang suatu Domain, Mulai dari Pengertian Domain , Struktur Domain dan Penyedia Layana Domain.langsung saja kita  simak sedikit  penjelasannya.

1.Pengertian Domain
Domain Merupakan Bagian yang perlu diketahui sebelum lebih jauh membahas tentang Membangun Website. Ok, Kita Fokus ke Domain dulu. Jika Kita Ilustrasikan ke Dunia Nyata, Domain Merupakan Nama Jalan. Ex : Jl. Jendral Sudirman, Jl. Majapahit dll. Bisa disimpulkan Jika Seorang User Hendak Mengunjungi sebuah Website. Maka yang pertama kali harus dia tahu adalah Nama Domainnya.
Pada Dasarnya, Komputer Berkomunikasi satu sama lain menggunakan IP Address. Karena beberapa alasan termasuk sulitnya mengingat angka, Maka dibuatlah sebuah konsep Domain. DNS atau Domain Name Server bertugas memetakan alamat IP menjadi Nama dan sebaliknya (Nama ke Alamat IP). Sehingga Sebuah Website dapat diakses dengan Nama dan IP Addres.
Penggunaan Nama Domain Telah diatur sedemikian rupa, sehingga kita dapat menyesuaikan sendiri nama domain yang akan digunakan dalam membangun website. Suatu misal jika ingin membangun website sekolah gunakanlah domain .sch.id (sch berarti School atau sekolah sedangkan id berarti Indonesia dapat disimpulkan sekolah yang ada di Indonesia), .ac.id (Untuk Akademik/Kampus), .org (Untuk Organisasi), .com (untuk komersil), .go.id (Untuk Pemerintahan) dan lain sebagainya.
Jika kita berbicara struktur, Maka Tingkat Tertinggi dari Domain adalah (.) atau Root. Selanjutnya ada Top Level Domain, Second Level Domain dan Sub domain.

2.Struktur Domain 
Top Level Domain : wordpress.org, tokobagus.com, blogspot.com
Second Level Domain : mataramkota.go.id, unram.ac.id, stmikbumigora.ac.id
Sub Domain : forum.wordpress.org, pengumuman.unram.ac.id, contoh.blogspot.com
Jika Sobat Sudah Memiliki Weblog (Blog), entah itu wordpress, blogspot, blogdetik atau yang lain. Secara tidak sadar kita telah membuat sebuat sub domain dari domain blog yang kita buat. Suatu misal nama-blog.wordpress.com. Meskipun Kita dapat menghilangkan embel-embel wordpress pada nama blog tersebut.

3.Penyedia Layanan Domain
Banyak Penyedia Layanan Domain yang dapat kita manfaatkan. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan. Jika sobat ingin menggunakan yang berbayar, sobat dapat mengunjungi website-website berikut : http://www.jetdino.com atau http://idwebhost.com  dan http://idhostinger.com .Ketiga website tersebut menyediakan layanan Hosting dan Domain. Masalah harga, dapat sobat cek sendiri di website tersebut. Mungkin Untuk idhostinger  juga menyediakan layanan Domain dan Hosting Gratis.

Mungkin Sekian ulasan dari saya dan saya berharap Artikel Tentang Domain ini dapat bermanfaat meskipun Masih jauh dari kesempurnaan. Dan Saya juga  mengharapkan kritik dan sarannya untuk setiap artikel yang telah saya buat. Karena saya disini masih dalam proses pembelajaran.
Semoga Bermanfaat dan Terimakasih :)

Wassalamualaikum.wr.wb
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

0 comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Flag Counter
Blogger Widgets

Copyright © LifeStyle3 Design by LifeStyle3 | Blogger Theme by LifeStyle3 | Powered by Blogger